Rabu, 27 Oktober 2010

STREET PERFORMER

PETARUNG BARU
YAMAHA BYSON 150CC


Setelah sukses menelurkan produk matic tergres beberapa bulan yang lalu. PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT. YMKI), kembali melakukan inovasi dengan memperkenalkan produk masterpiece bergenre Sport.
Maha karya yang diberi nama Yamaha Byson. Dengan bentuk tampilan kuda besi full muscle, serta aura streetfighter melekat pada tampang keseluruhan. Jelas, mampu menghadirkan pesona mainstream kekar dan tangguh kepada setiap orang, sebagai petarung baru yang siap melibas kuda besi kelas sport produk kompetitor lainnya.
Kehadirannya di acara Yamaha Amazing Journey, bertempat di Savana Gunung Bromo beberapa minggu yang lalu. Yamaha Byson diklaim memang memiliki karakter berbeda, dengan keunggulan mumpuni yang semakin membuat kuda besi jenis sport lainnya ketinggalan.


Photo by Ramdan Kurniawan
Kehadirannya di acara Yamaha Amazing Journey, bertempat di Savana Gunung Bromo beberapa minggu yang lalu. Yamaha Byson diklaim memang memiliki karakter berbeda, dengan keunggulan mumpuni yang semakin membuat kuda besi jenis sport lainnya ketinggalan. Hal itu pula, yang akan menjadikan si Byson menjadi primadona baru sebagai petarung sejati di kelas motor sport. hasilnya, street performer yang ditawarkan pun memacu adrenalin OTOBIKES untuk menjajal dan merasakan akselarasi petarung baru tersebut. Seperti apa hentakannya ?, bagaimana pula cengkraman nya?. Nah, simak ulasannya.

Panel Instrumen
Begitu key shutter pada posisi on. Panel speedometer digital pun menyala, indicator engine check secara otomatis beradaptasi dengan kondisi Throttle position sensor (TPS). Hal itu, Menunjukan bermasalah atau tidaknya kondisi mesin. Tentu saja desain speedometer yang dibalut dengan LCD Digital ini, menurut rider menampilkan fitur minimalis berkesan futuristik. Ketika dinaiki dan duduk pada jok. Sadel yang menopang kaki sang rider, dirasa memiliki aura street fighter absolutely the taste motorsport, so real. Tampilan headlamp Multi reflector bergaya futuristik yang menganut sistem DC. Diadopsi dari bentuk dan desain modern, tampak dilihat rider lebih berkesan gagah dan sangar.

Ketika starter dinyalakan. Bunyi seringai si Byson pun halus terdengar ditelinga, yang berasal dari piranti gas buang berdesain midship muffler hasil adopsi dari motor Yamaha FZ 16. Serta telah dilengkapi dengan catalytic converter yang berfungsi mengurangi kadar monoksida dan mengurangi polusi udara pada lingkungan.


Akselerasi
Meski track yang ditawarkan adalah hamparan pasir kawasan wisata Gunung Bromo. Hal itu tetap memicu sang rider tertantang untuk melahap dan menjajalnya. Start awal memasuki gigi satu kopling bertype Basah (kopling manual) agak dihentak, Kuda besi pun melesat. Memasuki gigi kedua, ketiga, dan seterusnya, dapur pacu meraung dan track pasir pun dihajar. Secara spontan, si Byson yang memiliki tenaga  mencapai 13,73 PS pada putaran 7.500 rpm, pun tetap tak bergeming. Ketika digeber terus pada track lurus yang menantang tersebut. Hasilnya, suara kasar yang dibicarakan setiap orang, apabila rpm meninggi. Ternyata dirasa rider normal-normal saja.

Ketika rider mencoba untuk merebah dengan down shifting cepat di jalur lurus jarak jauh. Perpindahan gigi secara extreme dilakukan secara disengaja untuk mengetahui engine break dan suara mesin. Hasilnya, rotasi perpindahan baik-baik saja. Di area agak membelok, pada kecepatan 75 km/jam. Rider menarik tuas rem depan untuk melahap belokan secara aman. Ternyata, cengkeraman petarung baru yang memiliki dapur pacu berkapasitas 150 cc ini, berhenti secara mantap.

Handling
Kembali pada tenaga putaran bawah, sontak gas pun diplintir rider secara spontan. Well, dengan mudah track belokan pun dilibas. Meski Memiliki rangka double cradle dengan titik berat yang berada pada tengah bodi, tepatnya pada bagian midship muffler. Rider menganggap bahwa, manuver dan gerakan menikung pada Byson, yang memiliki bobot berat lebih ringan dari Yamaha V-ixioni ni. Tetap, dirasakan nyaman dan stabil.

Ketika rider mencoba manuver Zig-zag. Street performer, bertipe dapur pacu 4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara ini. Dirasakan tidak memiliki kesulitan yang berarti, Handling sangat terasa enteng dan mantap. Kembali, pada jalur tikungan-tikungan kecil. Rider mencoba bermain tarik ulur gas diputaran bawah. Meski ditilik bentuk kaki-kaki dan roda bannya lebih besar. Dengan posisi stang yang agak melebar, serta track pasir yang agak naik turun. Tetap saja, handling yang dirasakan terasa nyaman.   

Suspensi
Pada area track pasir yang agak terjal. Fungsi kerja piranti peredam kejut monoshock, bagian buritan belakang. Dirasakan rider memang lebih adjustable dan sempurna, walau beberapa kali mendapatkan guncangan. Piranti monoshock belakang dirasa begitu empuk bagi si rider. Tentunya, hal itu didukung oleh shockbreaker bagian depan bertipe teleskopik berdiameter 41 mm, yang mampu mengimbangi stabilitas dan kenyamanan saat si Byson di besut.

Bicara soal pilihan warna. PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT. YMKI), menawarkan empat pilihan warna yang macho dan menantang. Warna Merah berani yang berkesan sangar, Hitam yang cenderung gagah, Biru yang tampak menampilkan pribadi mantap, dan terakhir warna Putih dengan tampilan berkesan elegan dan berwibawa. Well, banyak pilihannya juga kan!. Dengan kisaran Harga OTR mencapai RP. 19.900.000,-. diharapkan produk ini mampu bersaing dengan produk kompetitor lainnya. Serta mampu menjadi andalan baru PT. YMKI di kelas Sport segmen Low Midlle.


Jika dilirik lebih jauh lagi. Sebenarnya, konsep petarung baru andalan Yamaha ini mengacu pada  kuda besi yang gagah,muscle, kekar, kokoh, dan garang. Sebagai varian motorsport stylish, yang harganya dibanderol lebih murah dari kakaknya, Yamaha V-ixion. Kuda besi yang disinyalir tampak terlihat berkapasitas lebih, pada bentuk tangkinya yang lebih lebar. Ternyata Fuel tank full yang dihasilkan, tidak jauh beda dengan sang Kakak, mencapai 12 liter. Namun, dominasi desain Big Bikes Looks pada bagian fuel tank cover. Justru, menjadi keungulan si Motorsport bergenre streetfighter ini, tampak kekar dan menambah kesan gagah bagi penunggangnya.    
Written and Photo by Ramdan Kurniawan



SPESIFIKASI
DIMENSI
P x L x T:
2.075mm x 780mm x 1.045mm
Jarak Sumbu Roda:
1.334 mm
Jarak Terendah ke Tanah:
160 mm
Tinggi Tempat Duduk:
790 mm
Berat Isi:
137 kg
Kapasitas Tangki Bensin:
12 Liter

MESIN

Tipe Mesin:
4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder:
Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder:
153 cm3
Diameter x Langkah:
58.0 x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi:
9.50 : 1
Daya Maksimum:
13,73 PS / 7.500 rpm (10,1 kW / 7.500 rpm)
Torsi Maksimum:
13,6 Nm / 6.000 rpm
Sistem Starter:
Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan:
Basah
Kapasitas Oli Mesin:
Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1,0 Liter
Tipe Karburator:
(MIKUNI) BS26 x 1
Tipe kopling:
Basah, Kopling Manual
Tipe Transmisi:
5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)

RANGKA

Tipe Rangka:
Diamond
Suspensi Depan:
Teleskopik
Suspensi Belakang:
Suspensi Monocross
Ban Depan:
Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban Belakang:
Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem Depan:
Cakram
Rem Belakang:
Tromol

KELISTRIKAN

Sistem Pengapian:
DC C.D.I
Battery:
YTZ4V 12V / 3 Ah (MF Battery)
Tipe Busi:
NGK / CPR 8EA-9

Kembali ke Berita Lain..