PETARUNG BARU
YAMAHA BYSON 150CC
Setelah sukses menelurkan produk matic tergres beberapa bulan yang lalu. PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT. YMKI), kembali melakukan inovasi dengan memperkenalkan produk masterpiece bergenre Sport.
Maha karya yang diberi nama Yamaha Byson. Dengan bentuk tampilan kuda besi full muscle, serta aura streetfighter melekat pada tampang keseluruhan. Jelas, mampu menghadirkan pesona mainstream kekar dan tangguh kepada setiap orang, sebagai petarung baru yang siap melibas kuda besi kelas sport produk kompetitor lainnya.
Kehadirannya di acara Yamaha Amazing Journey, bertempat di Savana Gunung Bromo beberapa minggu yang lalu. Yamaha Byson diklaim memang memiliki karakter berbeda, dengan keunggulan mumpuni yang semakin membuat kuda besi jenis sport lainnya ketinggalan.
![]() |
Photo by Ramdan Kurniawan |
Panel Instrumen


Akselerasi

Ketika rider
mencoba untuk merebah dengan down shifting cepat di jalur lurus jarak jauh.
Perpindahan gigi secara extreme dilakukan secara disengaja untuk mengetahui
engine break dan suara mesin. Hasilnya, rotasi perpindahan baik-baik saja. Di
area agak membelok, pada kecepatan 75 km/jam. Rider menarik tuas rem depan
untuk melahap belokan secara aman. Ternyata, cengkeraman petarung baru yang
memiliki dapur pacu berkapasitas 150 cc ini, berhenti secara mantap.
Handling

Ketika rider
mencoba manuver Zig-zag. Street performer, bertipe dapur pacu 4 Langkah, SOHC,
2 Klep, Berpendingin Udara ini. Dirasakan tidak memiliki kesulitan yang
berarti, Handling sangat terasa enteng dan mantap. Kembali, pada jalur
tikungan-tikungan kecil. Rider mencoba bermain tarik ulur gas diputaran bawah.
Meski ditilik bentuk kaki-kaki dan roda bannya lebih besar. Dengan posisi stang
yang agak melebar, serta track pasir yang agak naik turun. Tetap saja, handling
yang dirasakan terasa nyaman.
Pada area track
pasir yang agak terjal. Fungsi kerja piranti peredam kejut monoshock, bagian
buritan belakang. Dirasakan rider memang lebih adjustable dan sempurna, walau beberapa
kali mendapatkan guncangan. Piranti monoshock belakang dirasa begitu empuk bagi
si rider. Tentunya, hal itu didukung oleh shockbreaker bagian depan bertipe
teleskopik berdiameter 41 mm, yang mampu mengimbangi stabilitas dan kenyamanan
saat si Byson di besut.
Bicara soal pilihan
warna. PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT. YMKI), menawarkan empat pilihan
warna yang macho dan menantang. Warna Merah berani yang berkesan sangar, Hitam
yang cenderung gagah, Biru yang tampak menampilkan pribadi mantap, dan terakhir
warna Putih dengan tampilan berkesan elegan dan berwibawa. Well, banyak
pilihannya juga kan!. Dengan kisaran Harga OTR mencapai RP. 19.900.000,-.
diharapkan produk ini mampu bersaing dengan produk kompetitor lainnya. Serta
mampu menjadi andalan baru PT. YMKI di kelas Sport segmen Low Midlle.
Jika dilirik lebih jauh lagi. Sebenarnya, konsep petarung baru andalan Yamaha ini mengacu pada kuda besi yang gagah,muscle, kekar, kokoh, dan garang. Sebagai varian motorsport stylish, yang harganya dibanderol lebih murah dari kakaknya, Yamaha V-ixion. Kuda besi yang disinyalir tampak terlihat berkapasitas lebih, pada bentuk tangkinya yang lebih lebar. Ternyata Fuel tank full yang dihasilkan, tidak jauh beda dengan sang Kakak, mencapai 12 liter. Namun, dominasi desain Big Bikes Looks pada bagian fuel tank cover. Justru, menjadi keungulan si Motorsport bergenre streetfighter ini, tampak kekar dan menambah kesan gagah bagi penunggangnya.
Written and Photo by Ramdan Kurniawan
SPESIFIKASI
DIMENSI
P x L x T:
2.075mm x 780mm
x 1.045mm
Jarak Sumbu
Roda:
1.334 mm
Jarak
Terendah ke Tanah:
160 mm
Tinggi
Tempat Duduk:
790 mm
Berat Isi:
137 kg
Kapasitas
Tangki Bensin:
12 Liter
MESIN
Tipe Mesin:
4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder:
Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder:
153 cm3
Diameter x Langkah:
58.0 x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi:
9.50 : 1
Daya Maksimum:
13,73 PS / 7.500 rpm (10,1 kW / 7.500 rpm)
Torsi Maksimum:
13,6 Nm / 6.000 rpm
Sistem Starter:
Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan:
Basah
Kapasitas Oli Mesin:
Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala :
1,0 Liter
Tipe Karburator:
(MIKUNI) BS26 x 1
Tipe kopling:
Basah, Kopling Manual
Tipe Transmisi:
5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)
RANGKA
Tipe Rangka:
Diamond
Suspensi Depan:
Teleskopik
Suspensi Belakang:
Suspensi Monocross
Ban Depan:
Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban Belakang:
Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem Depan:
Cakram
Rem Belakang:
Tromol
KELISTRIKAN
Sistem Pengapian:
DC C.D.I
Battery:
YTZ4V 12V / 3 Ah (MF Battery)
Tipe Busi: