Rabu, 19 Januari 2011

NEW FRESH COMERS

SANG PENJELAJAH TANGGUH
Yamaha New Scorpio Z

Setelah sukses dengan menelurkan varian teranyarnya yang bernama Yamaha Byson. Dipenghujung tahun sekaligus akhir semester tahun 2010. PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT. YMKI), kembali meliris rentetan peluru dikelas sportnya, dengan menampilkan kuda besi New fresh Comers berjuluk Yamaha New Scorpio Z. Tentunya, dengan menawarkan beberapa kelebihan, seperti pada bagian bentuk tampilannya yang tampak lebih segar, memiliki kesan gagah, serta memincut setiap orang untuk memilikinya.

Meski terbilang facelift, New Scorpio Z tetap mampu menampilkan wajah segar dengan karakter yang identik sebagai penjelajah tangguh. Bikes pun bisa menengok beberapa perubahan tampilannya, seperti pada bagian lampu utama headlight dengan tudung dan sistem multireflektor yang mengadopsi gaya moge Yamaha FZ8. Kemudian, bentuk tampilan Tangki BBM yang diramu begitu sangat elegan. Dengan bentuk tangki yang tampak lebih besar, seiring bentuk siripnya (shroud) yang menyatu dan cenderung mirip ala motorsport. Tentu saja, tak pelak menjadikan produk new fresh comers Yamaha ini, sesuai dengan mindset yang ditunggu-tunggu oleh para peminatnya.  



Perubahan lain pun, sengaja dilakukan YMKI pada bagian buritan sang penjelajah ini. Yakni, terlihat pada bagian lampu belakang tail light dan knalpot yang berkesan lebih sporty. Dengan bentuk panel indikator, pada bagian takometer dan speedometernya yang tampak lebih modern dan baru. Diikuti juga dengan paduan bentuk bodi yang memang hampir mirip menyerupai Yamaha MT01. Alhasil, totalitas bentuk keseluruhan New Scorpio Z. Tak kalah mampu menampilkan kesan gagah dan macho bagi si penunggangnya. Ubah tampilan pun, tak hanya disitu saja. Dipadu dengan tampilan stoplamp yang menggunakan LED. Tentunya, New Scorpio Z ini, tampil dengan wajah baru sang penjelajah tangguh, yang tampak terlihat lebih segar dan gagah.

Nah, Jika ditilik pada bagian dapur pacu. Ternyata, sang petarung tangguh New Scorpio Z ini, memang serupa dengan Scorpio terdahulu. Yakni tidak mengalami perubahan yang sangat signifikan. Namun, jika bicara soal kemampuan. New Scorpio Z sendiri, tetap dibekali dengan mesin 223cc 4-tak SOHC with air cooled, yang identik dengan kemampuannya dalam menjelajah dan mengeksplorasi berbagai medan. Dengan daya 18,2 PS pada 8.000 RPM, berikut torsi maksimum mencapai 17.5 NM diputaran 6.500 RPM. Sang penjelajah ini tetap tak bergeming, mampu merespon dan terasa powerfull. Sesuai seringai akselerasinya, Sepadan dengan bentuk tubuhnya yang kekar dan macho.

Ketika menengok pada bagian kaki-kaki. New Scorpio Z, memang dirasa YMKI sudah cukup mumpuni dengan penggunaan ban depan 80/100-18 serta ban belakang 100/90-18. Lantas, saat menilik bagian pengereman. Rem cakram pada bagian depan dan rem tromol pada bagian belakang. Tetap, masih tampil serupa dengan Scorpio dulu.

Bicara mengenai harga. Rupanya, New Scorpio Z ini lebih mahal dibanding Scorpio terdahulu. Yakni, kurang lebih mengalami kenaikan Rp. 1,5 juta. Dengan begitu, untuk memiliki kuda besi tipe penjelajah tersebut. Bikes pun, dapat merogoh kocek hanya dengan nominal Rp. 23.500.000,-, berlaku untuk otr Bandung dan sekitarnya.

Berikut :
SPESIFIKASI MESIN
Tipe Mesin                                         : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Volume Silinder                                : 223 CC
Power Maximum                              : 13.4 Kw @8.000 r/min (18.2 PS @8.000 r/min)
Torsi Maximum                                : 17.5 Nm @6.500 r/min (1.78 KGF-m @6.500 r/min)
Transmisi                                           : 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Kopling                                                : Basah, Kopling Manual, Multiplate
CHASIS
Tipe Rangka                                      : Double Cradle
Suspensi Depan                                 : Teleskopik
Suspensi Belakang                            : Lengan Ayun, Suspensi monocross
Rem Depan                                        : Cakram
Rem Belakang                                    : Tromol
Ban Depan                                          : 80/100-18 47P
Ban Belakang                                     : 100/90-18 56P

ELECTRICITY
Baterai                                               : GM7B-4B
Busi                                                    : NGK/DP8EA-9
Sistem Pengapian                            : C.D.I

DIMENSI
Pjg X Lbr X Tinggi                           : 2.025 mm X 765 mm X 1.095 mm
Tinggi Tempat Duduk                     : 770 mm
Jarak Antar Roda                             : 1.295 mm
Jarak Ke Tanah                                : 165 mm
Kapasitas Tangki                              : 13 Liter
Berat Isi                                             : 141 Kg

Written and Photo by Ramdan Kurniawan

Kembali ke Berita Lain..

Tidak ada komentar: