KERLINGAN
SI MEWAH
PENGGODA HONDA
PCX 125
“First impression” pada Honda PCX (Personal Comfort Xaloon), memang begitu menggairahkan. Aura kemewahan yang terlihat, jelas menampakan bentuk keseluruhan tampilannya, memiliki kesan mendalam dan menggoda. Kehadiran skutik andalan Honda tersebut, begitu dipenuhi oleh detail fitur dan teknologi canggih yang mampu mengangkatnya sebagai skutik berpredikat elegan dan mewah.
Honda PCX sebagai
pelopor skutik berteknologi canggih. Tentunya, bisa bikes tengok pada tampilan detail
desain bodynya, yang dipadu dengan nuansa eleganitas dan kemewahan. Dengan berbekal
kapasitas dapur pacu berkekuatan 125cc. Si PCX, mampu mengeluarkan tarikan gas pada
putaran bawah dan atas, yang dirasa rider
begitu menggoda secara maksimal. Lantas, bagaimana pula dengan asupan bahan
bakar yang dibutuhkannya. Well, dengan
teknologi PGM-FI (Full Injection),
dan mengadopsi catalytic converter.
Tentunya, asupan yang dibutuhkan pun lebih hemat. Saat melirik bagian gas
buang, yang telah dimuntahkannya. Bikes pun tak perlu khawatir. Karena, si kuda
besi mewah ini, memang sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3.
Tak hanya mewah
dari segi tampilan. Honda PCX, memang terasa begitu nyaman saat membelah aspal
jalanan. Selain mampu menyesuaikan dengan hiruk pikuk kondisi jalanan
perkotaan. First impression yang
dirasakan rider pun, tidak terlalu banyak menguras energi saat menunggangi
kemolekan tubuhnya itu. Kombinasi teknologi mesin V-matic yang dipadu dengan built-in
liquid cooled. Tentu saja, di anggap rider mampu menstabilkan temperatur
mesin. Hasilnya, tarikan dan pasokan tenaga yang dihasilkan pun lebih besar,
berakselerasi maksimal dan efisien.
Nah, agar first ride yang dirasakan rider, bisa mengena secara langsung
pada hati bikes. OTOBIKES secara gamblang, akan mengupas kemampuan Honda PCX
tersebut. Dimulai dari, pesona kemewahan tampilannya, akselerasi, performa, dan
handling yang digelontorkannya.
Tampilan dan Fitur
Bicara tentang
tampilan sudah jelas tak akan ada habisnya. Namun, jika ditarik secara garis
besar. Honda PCX ini, memang tampil dengan bentuk detail desain body yang sangat sempurna. Dipadu dengan
aplikasi fitur berteknologi canggih. Honda PCX, tetap menawarkan karakter
elegan nan mewah.
Ketika rider melihat secara dekat. kerlingan
kemewahan, yang dipancarkannya pun begitu menggoda untuk disentuh dan diduduki.
Dengan bentuk body yang proporsional,
dibalut dengan desain striping
berkarakter minimalis. Pastinya, membuat mabuk kepayang bagi setiap orang yang
meliriknya.
Dengan kapasitas
full tangki bensin sebanyak 6,2 liter. Ternyata, posisi tangkipun dirasa rider
lebih praktis dan simple. Sebab, posisinya memang pas berada ditengah. Dengan
mengkonsumsi BBM beroktan tinggi (Pertamax). Hasilnya, bisa dipastikan keluaran
gas buang akan terasa lebih halus dan ramah lingkungan.
Ketika melirik
bagian bagasi. Nampak sekali terlihat, kapasitas bagasi lebih besar dan luas.
Alhasil, Honda PCX pun mampu menampung beberapa barang dalam bagasinya. Selain
itu, Bagasi bawah jok bervolume 25 liternya pun, sangat berguna untuk menyimpan
helm berdimensi besar. Saat membuka bagasi, bikes akan merasa lebih praktis.
Pasalnya, posisi bukaannya sendiri berdekatan dengan kunci starter.
Kelebihan lain pada
fiturnya, yakni terlihat pada bagian sistem alarm anti maling. Dengan dibekali teknologi
kecerdasan dalam mendeteksi getaran dan gerakan. Tentu saja, dengan adanya
fitur ini, Honda PCX pun bisa lebih
safety ketika ditinggalkan. Alih-alih, untuk mengaktifkan sistemnya. Bikes
pun dengan sangat mudah, tinggal menggunakan remote control. Canggih bukan!.
Lantas, rider pun penasaran ingin mencoba
mendudukinya. Alamak, perasaan nyaman dari posisi duduk pun begitu terasa. Diikuti dengan posisi tangan, saat menjangkau
setang. Ternyata, posisi jok Seater terasa cozy. Genggaman tangan terasa nyaman
dan kuat. Praktis ayunan tangan yang dirasakan rider pun lebih flexible
dan comfort.
Ketika starter engine ditekan, suara halus pun
keluar dari gas buang yang dilengkapi dengan catalytic converter tersebut. Alhasil, first ride impression pun mulai dirasakan sang rider. Saat memutari dan melibas beberapa kali, track yang
disodorkan jalanan.
Nah, yang menarik lagi
pada fitur Honda PCX ini. Yakni, saat rider
mencoba berhenti selama 4 detik. Sebelumnya, Fitur idling stop system memang sengaja rider stel dalam posisi on. Lantas, 4 detik berlalu, engine pun menjadi mati secara otomatis.
Namun, indicator standby pada instrument panel tetap menyala. Hasilnya,
hanya dengan menekan throttle gas.
Skutik mewah ini pun langsung ngacir, saat diplintir secara spontan oleh sang rider. Hal ini, sudah jelas didukung
oleh piranti alternating current generator (ACG), yang diterapkan pada si PCX.
Tak lain, merupakan pionir dalam pengaplikasian piranti alternator/starter yang
canggih dan pertama pada sebuah skutik.
Akselerasi dan Performa
Saat digeber
pertama kali. Tarikan bawah yang diasumsikan rider, ternyata berakhir dengan
sangat powerfull. Hentakan yang
dihasilkannya pun lebih halus dan mulus saat bermanuver. Ketika, merasa cukup nyaman. Kembali, rider menghajar performa si mewah
penggoda itu dengan mencoba melakukan penetrasi pada berbagai alur dan variasi
ritme jalanan. Hasilnya, top speed
yang dicapai kurang lebih pada 100 km/jam. Namun, satu hal yang perlu digaris
bawahi. Honda PCX ini, sebenarnya masih mampu dihajar menuju penetrasi puncak
kecepatan yang diinginkan.
Pasokan bensin yang
dihabiskan rider, selama pergelutan
berlangsung. Dirasa tidak terlalu boros. Hanya mencapai jarak 92 -95 km, Honda
PCX mampu meneguk asupan bensin sebanyak 2 liter. Tak ayal, hal itu pun memang
berhasil diklaim pihak Honda. Dengan mengkonsumsi BBM lebih hemat 5%, Berikut
ditunjang juga dengan dicap sebagai motor yang memenuhi standar emisi EURO 3. Honda
PCX memang dirasa rider lebih hemat.
Saat rider menancap
lurus dengan posisi tubuh agak merebah. Sesaat, ia pun terbersit dan tertantang
untuk merasakan kemampuan si PCX pada bagian pengeremannya. Sontak, secara
mendadak handle rem pun ditekan. Hasilnya, si mewah ini tetap nyaman tak
bergeming. Sistem pengereman yang diadopsi, ternyata cukup mampu mengimbangi
tenaga yang disemburkan oleh si mewah penggoda tersebut. Dengan aplikasi disc brake 220mm, yang diapit tiga kaliper
dan drum brake di bagian belakangnya.
Sang rider pun tetap merasa nyaman ketika menunggangi si PCX tersebut.
Handling
Handling si mewah memang diluar dugaan. Dengan bentuk
bodinya yang montok dan gempal. Ternyata, motor ini tak seberat yang dirasakan.
Si PCX mampu bermanuver dengan lincah, meski wheelbase lebih panjang. Namun, dengan kondisi wheelbase panjang. Justru dirasa
rider, lebih stabil ketika melaju di track lurus.
Alih-alih saat rider mencoba bermanuver di track
belokan. Piranti peredam kejut dengan bentuk tabung besarnya itu, terbukti mampu meredam getaran
dengan sangat baik. Hasilnya, rider pun merasa nyaman ketika bermanuver dalam posisi
menikung. Ketika melewati track naik turun diikuti kondisi jalan yang agak
rusak, ground clearance PCX yang
memang terbilang agak rendah. Ternyata, tidak terlalu merepotkan rider saat
melewatinya.
Dengan posisi duduk
yang terasa lebih nyaman dirasakan rider.
Dipertajam juga dengan ruangnya yang lebih luas. Alhasil, posisi kaki rider pun bisa bergerak dan diletakkan dengan
leluasa. Meski posisi kaki agak diteguk, agar meminimalisir rasa lelah saat berpijak.
Tentunya, masih terdapat celah dan ruang pada bagian pijakan kaki si rider untuk meluruskan. Hasilnya, rider pun tak cepat merasa lelah, meski
berkutat dalam kemacetan atau perjalanan jarak jauh.
Hasilnya,
deskripsi mengenai produk Honda PCX yang dirunut OTOBIKES. Secara garis besar,
menawarkan prestise tersendiri bagi si pengendaranya. Selain itu, Performa,
handling, dan akselerasi yang dirasakan rider pun begitu halus, responsif, dan
mantap.
Dibanderol
dengan harga Rp. 31.975.000,- (otr bandung dan sekitarnya), rasanya si mewah Honda
PCX ini, tidak cuma menawarkan prestise
saja. Akan tetapi, beralih fungsi sebagai pasangan setia dalam setiap
perjalanan. Tak ayal, si mewah ini pun dikategorikan juga sebagai produk pemenuhan
bagi lelaki yang bergaya hidup metropolis.
Tentunya, dengan menitik berat pada produk yang memiliki profil trendi, smart, mewah, dan berteknologi tinggi.
Written and Photo by
Ramdan Kurniawan
SPESIFIKASI HONDA PCX
Harga : Rp. 31.
975.000,- (Otr Bandung)
Warna : Silverstone
Metallic, Gold bullion Metallic,
dan Black Night Hawk
Varian : Cast Wheel
Tipe Mesin : 4 Langkah, SOHC
Volume Langkah : 125 cc
Rem Depan : Cakram Hidrolik, 3
piston
Rem Belakang : Tromol
Kapasitas Tangki : 6,2 Liter
Sistem Pengapian : Full Transistor, Baterai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar