Rabu, 19 Januari 2011

FIRST RIDE IMPRESSION

KERLINGAN SI MEWAH
PENGGODA HONDA PCX 125

“First impression” pada Honda PCX (Personal Comfort Xaloon), memang begitu menggairahkan. Aura kemewahan yang terlihat, jelas menampakan bentuk keseluruhan tampilannya, memiliki kesan mendalam dan menggoda. Kehadiran skutik andalan Honda tersebut, begitu dipenuhi oleh detail fitur dan teknologi canggih yang mampu mengangkatnya sebagai skutik berpredikat elegan dan mewah.

Honda PCX sebagai pelopor skutik berteknologi canggih. Tentunya, bisa bikes tengok pada tampilan detail desain bodynya, yang dipadu dengan nuansa eleganitas dan kemewahan. Dengan berbekal kapasitas dapur pacu berkekuatan 125cc. Si PCX, mampu mengeluarkan tarikan gas pada putaran bawah dan atas, yang dirasa rider begitu menggoda secara maksimal. Lantas, bagaimana pula dengan asupan bahan bakar yang dibutuhkannya. Well, dengan teknologi PGM-FI (Full Injection), dan mengadopsi catalytic converter. Tentunya, asupan yang dibutuhkan pun lebih hemat. Saat melirik bagian gas buang, yang telah dimuntahkannya. Bikes pun tak perlu khawatir. Karena, si kuda besi mewah ini, memang sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3.


Tak hanya mewah dari segi tampilan. Honda PCX, memang terasa begitu nyaman saat membelah aspal jalanan. Selain mampu menyesuaikan dengan hiruk pikuk kondisi jalanan perkotaan. First impression yang dirasakan rider pun, tidak terlalu banyak menguras energi saat menunggangi kemolekan tubuhnya itu. Kombinasi teknologi mesin V-matic yang dipadu dengan built-in liquid cooled. Tentu saja, di anggap rider mampu menstabilkan temperatur mesin. Hasilnya, tarikan dan pasokan tenaga yang dihasilkan pun lebih besar, berakselerasi maksimal dan efisien.

Nah, agar first ride yang dirasakan rider, bisa mengena secara langsung pada hati bikes. OTOBIKES secara gamblang, akan mengupas kemampuan Honda PCX tersebut. Dimulai dari, pesona kemewahan tampilannya, akselerasi, performa, dan handling yang digelontorkannya.

Tampilan dan Fitur
Bicara tentang tampilan sudah jelas tak akan ada habisnya. Namun, jika ditarik secara garis besar. Honda PCX ini, memang tampil dengan bentuk detail desain body yang sangat sempurna. Dipadu dengan aplikasi fitur berteknologi canggih. Honda PCX, tetap menawarkan karakter elegan nan mewah.
Ketika rider melihat secara dekat. kerlingan kemewahan, yang dipancarkannya pun begitu menggoda untuk disentuh dan diduduki. Dengan bentuk body yang proporsional, dibalut dengan desain striping berkarakter minimalis. Pastinya, membuat mabuk kepayang bagi setiap orang yang meliriknya.

Dengan kapasitas full tangki bensin sebanyak 6,2 liter. Ternyata, posisi tangkipun dirasa rider lebih praktis dan simple. Sebab, posisinya memang pas berada ditengah. Dengan mengkonsumsi BBM beroktan tinggi (Pertamax). Hasilnya, bisa dipastikan keluaran gas buang akan terasa lebih halus dan ramah lingkungan.

Ketika melirik bagian bagasi. Nampak sekali terlihat, kapasitas bagasi lebih besar dan luas. Alhasil, Honda PCX pun mampu menampung beberapa barang dalam bagasinya. Selain itu, Bagasi bawah jok bervolume 25 liternya pun, sangat berguna untuk menyimpan helm berdimensi besar. Saat membuka bagasi, bikes akan merasa lebih praktis. Pasalnya, posisi bukaannya sendiri berdekatan dengan kunci starter.

Kelebihan lain pada fiturnya, yakni terlihat pada bagian sistem alarm anti maling. Dengan dibekali teknologi kecerdasan dalam mendeteksi getaran dan gerakan. Tentu saja, dengan adanya fitur ini, Honda PCX pun bisa lebih safety ketika ditinggalkan. Alih-alih, untuk mengaktifkan sistemnya. Bikes pun dengan sangat mudah, tinggal menggunakan remote control. Canggih bukan!.

Lantas, rider pun penasaran ingin mencoba mendudukinya. Alamak, perasaan nyaman dari posisi duduk pun begitu terasa.  Diikuti dengan posisi tangan, saat menjangkau setang. Ternyata, posisi jok Seater terasa cozy. Genggaman tangan terasa nyaman dan kuat. Praktis ayunan tangan yang dirasakan rider pun lebih flexible dan comfort.

Ketika starter engine ditekan, suara halus pun keluar dari gas buang yang dilengkapi dengan catalytic converter tersebut. Alhasil, first ride impression pun mulai dirasakan sang rider. Saat memutari dan melibas beberapa kali, track yang disodorkan jalanan.

Nah, yang menarik lagi pada fitur Honda PCX ini. Yakni, saat rider mencoba berhenti selama 4 detik. Sebelumnya, Fitur idling stop system memang sengaja rider stel dalam posisi on. Lantas, 4 detik berlalu, engine pun menjadi mati secara otomatis. Namun, indicator standby pada instrument panel tetap menyala. Hasilnya, hanya dengan menekan throttle gas. Skutik mewah ini pun langsung ngacir, saat diplintir secara spontan oleh sang rider. Hal ini, sudah jelas didukung oleh piranti alternating current generator (ACG), yang diterapkan pada si PCX. Tak lain, merupakan pionir dalam pengaplikasian piranti alternator/starter yang canggih dan pertama pada sebuah skutik.

Akselerasi dan Performa
Saat digeber pertama kali. Tarikan bawah yang diasumsikan rider, ternyata berakhir dengan sangat powerfull. Hentakan yang dihasilkannya pun lebih halus dan mulus saat bermanuver.  Ketika, merasa cukup nyaman. Kembali, rider menghajar performa si mewah penggoda itu dengan mencoba melakukan penetrasi pada berbagai alur dan variasi ritme jalanan. Hasilnya, top speed yang dicapai kurang lebih pada 100 km/jam. Namun, satu hal yang perlu digaris bawahi. Honda PCX ini, sebenarnya masih mampu dihajar menuju penetrasi puncak kecepatan yang diinginkan.

Pasokan bensin yang dihabiskan rider, selama pergelutan berlangsung. Dirasa tidak terlalu boros. Hanya mencapai jarak 92 -95 km, Honda PCX mampu meneguk asupan bensin sebanyak 2 liter. Tak ayal, hal itu pun memang berhasil diklaim pihak Honda. Dengan mengkonsumsi BBM lebih hemat 5%, Berikut ditunjang juga dengan dicap sebagai motor yang memenuhi standar emisi EURO 3. Honda PCX memang dirasa rider lebih hemat.

Saat rider menancap lurus dengan posisi tubuh agak merebah. Sesaat, ia pun terbersit dan tertantang untuk merasakan kemampuan si PCX pada bagian pengeremannya. Sontak, secara mendadak handle rem pun ditekan. Hasilnya, si mewah ini tetap nyaman tak bergeming. Sistem pengereman yang diadopsi, ternyata cukup mampu mengimbangi tenaga yang disemburkan oleh si mewah penggoda tersebut. Dengan aplikasi disc brake 220mm, yang diapit tiga kaliper dan drum brake di bagian belakangnya. Sang rider pun tetap merasa nyaman ketika menunggangi si PCX tersebut.

Handling
Handling si mewah memang diluar dugaan. Dengan bentuk bodinya yang montok dan gempal. Ternyata, motor ini tak seberat yang dirasakan. Si PCX mampu bermanuver dengan lincah, meski wheelbase lebih panjang. Namun, dengan kondisi wheelbase panjang. Justru dirasa rider, lebih stabil ketika melaju di track lurus.

Alih-alih saat rider mencoba bermanuver di track belokan. Piranti peredam kejut dengan bentuk tabung besarnya itu, terbukti mampu meredam getaran dengan sangat baik. Hasilnya, rider pun merasa nyaman ketika bermanuver dalam posisi menikung. Ketika melewati track naik turun diikuti kondisi jalan yang agak rusak, ground clearance PCX yang memang terbilang agak rendah. Ternyata, tidak terlalu merepotkan rider saat melewatinya.

Dengan posisi duduk yang terasa lebih nyaman dirasakan rider. Dipertajam juga dengan ruangnya yang lebih luas. Alhasil, posisi kaki rider pun bisa bergerak dan diletakkan dengan leluasa. Meski posisi kaki agak diteguk, agar meminimalisir rasa lelah saat berpijak. Tentunya, masih terdapat celah dan ruang pada bagian pijakan kaki si rider untuk meluruskan. Hasilnya, rider pun tak cepat merasa lelah, meski berkutat dalam kemacetan atau perjalanan jarak jauh.
Hasilnya, deskripsi mengenai produk Honda PCX yang dirunut OTOBIKES. Secara garis besar, menawarkan prestise tersendiri bagi si pengendaranya. Selain itu, Performa, handling, dan akselerasi yang dirasakan rider pun begitu halus, responsif, dan mantap.
Dibanderol dengan harga Rp. 31.975.000,- (otr bandung dan sekitarnya), rasanya si mewah Honda PCX ini, tidak cuma menawarkan prestise saja. Akan tetapi, beralih fungsi sebagai pasangan setia dalam setiap perjalanan. Tak ayal, si mewah ini pun dikategorikan juga sebagai produk pemenuhan bagi lelaki yang bergaya hidup metropolis. Tentunya, dengan menitik berat pada produk yang memiliki profil trendi, smart, mewah, dan berteknologi tinggi.

Written and Photo by Ramdan Kurniawan


SPESIFIKASI HONDA PCX
Harga                                    : Rp. 31. 975.000,- (Otr Bandung)
Warna                                   : Silverstone Metallic, Gold bullion Metallic,
           dan Black Night Hawk
Varian                                   : Cast Wheel
Tipe Mesin                           : 4 Langkah, SOHC
Volume Langkah                   : 125 cc
Rem Depan                           : Cakram Hidrolik, 3 piston
Rem Belakang                      : Tromol
Kapasitas Tangki                  : 6,2 Liter
Sistem Pengapian                : Full Transistor, Baterai
Starter                                  : Elektrik, Sistem ACG Starter

Kembali Ke Berita Lain..

Tidak ada komentar: