Yamaha Jupiter MX
Awal 2011. Tentunya, disikapi oleh tiap para “builder” Modifikasi motor untuk terus memodify satu bentuk baru, sesuai tuntutan dan keinginan yang
sedang trend dan booming terjadi di Indonesia, khususnya Jawa Barat.
Modifikator Bandung pun, tentu tak mau ketinggalan dengan trend
modifikasi barunya. Meski periode 2006-2009 lalu, banyak diminati oleh jenis
modif skuter matik. Tentunya jenis cub
atau yang biasa disebut bebek pun, tetap tak mau ketinggalan menelurkan modif
jenis dan konsep baru.
Agar tampilan lebih sporty dan
eye catching. Ragam konsep modifikasi
jenis cub pun diaplikasikan. Tak
dipungkiri, eksistensi bengkel modifikasi asal bandung. Dengan benderanya yang
berngaran BCV 50. Pun menggebrak jenis modif baru berkarakter racing. Bengkel yang dikomandoi oleh
Yonni selaku builder tersebut. Tak
serta merta, pesimis dengan pasar modif jenis cub yang ada sekarang ini.
Alhasil, tampilan racing look
pun bisa Yonni aplikasikan pada kuda besi jenis cub, berlambang tiga garpu tala
milik Oni. Aura racing look yang
dipadu dengan paduan sepuhan cat bergaya racing. Nampak kental terasa. Meski
disadari Oni secara langsung. Tampilan tongkrongan motornya tersebut diilhami
oleh motor kepunyaan Yoni -sang Builder
BCV 50.
Satu hal yang beda, yakni terlihat pada bagian dock depan Si Jupi. Gaya headlamp yang mencaplok bawaan Yamaha
Jupiter Z, sengaja nyemplak. Ini
dimaksudkan, agar tampilan racing look
lebih terasa mantap dan macho. Posisi
double seater pun, memang tetap Oni
inginkan sesuai bawaan aslinya.
Sedangkan, di bagian Kaki-kaki diubah oleh sang builder spesialis MX tersebut. Dengan mengadopsi velg bawaan Power, yang dipadu dengan ban depan
berlabel FDR serta ban belakang Battlax. Sengaja sang builder adopsi agar tampilan lebih terasa mantap dan sangar. Untuk
melengkapi bagian bawah supaya terlihat lebih ciamik. Cakram Brembo dan Nissin
pun, ia benamkan secara pas.
Saat menengok buritan bagian belakang. Stoplamp handmade custom BCV 50 bergaya R6 pun, mampu melengkapi
tampilan secara pas. Nah, soal dapur pacu. Sang empu, tetap bersikukuh dengan kondisi orisinilnya. Alih-alih,
untuk memaksimalisasikan bobo berat body dengan kemampuan power yang
dimuntahkan kuda besi tersebut. Sang modifikator pun menyeimbangkan. Yakni,
dengan cara mengganti gear dan
rantai. Agar akselerasi yang dirasakan tetap terasa powerfull, enak dan ringan.
Dibagian Piranti gas buang. Knalpot berlabel R9 pun, oni tanamkan.
Hasilnya, suara gahar dengan keluaran yang lebih halus, bisa didengar telinga
secara mantap. Meski secara idealis. Sang empu ini sangat mengidamkan
tongkrongan yang lebih menghasilkan taste
dan aroma racing style, berikut
mengusung performa mesin yang mantap dan perfect.
Tentunya, Oni pun tak keberatan melepas kuda besinya, dihargai dengan banderol
harga 25 juta. Well, siapa yang
mau…tertarik !!
NASKAH : RAMDAN
FOTO :
RAMDAN
SPESIFIKASI :
Mesin : Orisinil
Sasis : Orisinil
Stang : X1
Handle
Switch : Yamaha Vixion
Cakram Depan : Brembo
Cakram Blkng : Nissin
Kaliper : Suzuki GSX
Ban Depan : FDR 90/80 17”
Ban Blkng : Battlax 100/80 17”
Velg : Power
Knalpot : R9
Shock Blkng : YSS-Monoshock
Tidak ada komentar:
Posting Komentar